Marga Tirta Kencana

Mengenal Jenis Cat untuk Cat Rumah Minimalis Anda

Mengenal Jenis Cat untuk Cat Rumah Minimalis Anda

Cara memperindah rumah Anda adalah dengan memoles tampilan dinding dan ruang. Jika rumah Anda adalah rumah minimalis, maka cat rumah rumah minimalis pula yang pas untuk Anda. Cat rumah minimalis paling mudah menggunakan adalah cat warna kesukaan. Salah satu jenis cat untuk digunakan sebagai cat rumah minimalis salah satunya adalah cat tipe flat.
Jenis cat flat ini sangat cocok diaplikasikan sebagai cat rumah minimalis pada bagian permukaan atau tekstur dinding yang tidak begitu sempurna. Bidang paling cocok untuk memakai cat jenis ini adalah langit-langit atau plafon. Sebagai cat rumah minimalis, cat ini pas untuk untuk memberi warna pada dinding ruang, maka jenis ruang yang pas adalah ruang makan, kamar tidur dan ruang tamu.
Cat tipe flat tidak baik untuk memberi warna dinding kamar mandi dan dapur. Jika digunakan sebagai cat rumah pada daerah yang mudah kotor, cat ini akan sulit dibersihkan kalau sudah terkena kotoran. Dapur dan kamar mandi adalah tempat yang paling sering kotor sehingga jika jenis cat ini digunakan sebagai cat rumah pada bagian dapur atau kamar mandi, maka akan terlihat kurang cantik. Kelebihan dari cat ini sebagai cat rumah minimalis adalah, untuk pengecatan ulang, tidak perlu dikelupas karena bisa langsung ditumpuk.
Cat jenis lain untuk digunakan sebagai cat rumah adalah cat jenis eggshell. Cat eggshell sebaiknya tidak digunakan untuk memberi warna pada tempat atau ruang yang sering dilewati orang. Untuk digunakan sebagai cat rumah minimalis, cat eggshell mudah mengalami lecet atau pengelupasan. Namun untuk digunakan sebagai cat rumah minimalis, cat jenis eggshell punya kelebihan tersendiri.
Cat jenis eggshell mudah dibersihkan dan pengecatan ulang hanya dengan ditumpuk. Tempat yang baik untuk mengaplikasikan cat eggshell sebagai cat rumah minimalis adalah pada dinding kamar tidur dan ruang tamu karena pengelupasan atau lecet bisa diminimalisir sebab kedua ruang tersebut jarang dilalui orang.
Cat jenis lain yang biasa digunakan sebagai cat rumah minimalis adalah yaitu semi-gloss. Ciri cat ini adalah tampilannya agak mengilap bila sudah kering. Cat ini cukup baik jika dipakai untuk memberi warna pada molding atau list dinding. Keunggulan cat ini ialah sifatnya yang tahan terhadap kelembaban dan tidak mudah lecet. Kelemahan cat ini untuk diaplikasikan sebagai cat rumah minimalis yaitu ketika akan dilakukan pengecatan ulang harus dikelupas terlebih dulu.
Tipe cat lainnya adalah tipe gloss. Cat jenis ini bisa diaplikasikan sebagai cat rumah minimalis pada bidang kecil seperti molding, kayu, atau list. Cat jenis gloss tidak cocok diaplikasikan pada dinding karena terlalu mengilat dan akan menyilaukan jika terkena bias cahaya lampu atau matahari. Permukaan atau bidang yang akan diberi cat jenis gloss harus betul-betul halus dan rata.
Adanya gelombang atau cacat sedikit saja pada permukaan bidang yang dicat menggunakan cat gloss, akan membuat gelombang atau cacat tersebut semakin jelas terlihat. Cat ini sangat awet serta mudah dibersihkan. Namun serupa dengan semi-gloss, jika akan dicat ulang, harus dikelupas sebelumnya hingga benar-benar bersih.

Share This :