Marga Tirta Kencana

Tips Ciptakan Rumah Idaman yang Sehat dan Nyaman

Tips Ciptakan Rumah Idaman yang Sehat dan Nyaman

Faktor kesehatan dalam membangun rumah seringkali diabaikan oleh kebanyakan orang. Biasanya, orang lebih menekankan unsur estetik dalam membuat rumah, tanpa memperhitungkan kesehatan penghuninya. Padahal, rumah idaman bukan sekadar indah dipandang, namun dapat memberikan dampak yang baik pada kesehatan juga. Berikut adalah beberapa tips untuk ciptakan rumah idaman yang sehat bagi anggota keluarga:
1. Pemilihan Lokasi Rumah
Tentunya Anda tidak ingin jika rumah anda tercemari oleh berbagai macam polusi dan faktor pengancam kesehatan lainnya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda perlu memperhatikan pemilihan lokasi rumah idaman Anda. Pastikan lingkungan sekitar rumah Anda bersih dan tertata dengan baik. Hindari lokasi rumah yang berdekatan dengan pabrik atau jalan raya.
Pastikan rumah Anda terletak di lokasi yang sejuk, penuh dengan pepohonan, dan memiliki sumber air bersih yang cukup. Jika Anda memilih lokasi yang tepat, maka rumah dipastikan akan jauh dari sumber penyakit.
2. Ventilasi Udara yang Cukup
Keberadaan ventilasi rumah seringkali dianggap remeh. Padahal, salah satu faktor yang menentukan kesehatan sebuah rumah adalah kualitas sirkulasi udara di dalamnya. Pastikan rumah Anda memiliki jumlah ventilasi yang cukup, sehingga terhindar dari berbagai penyakit akibat udara yang pengap.
Tempatkan ventilasi pada dapur dan kamar mandi, sehingga udara kotor yang ditimbulkan oleh ruangan tersebut bisa ke luar dengan mudah. Tempatkan juga beberapa ventilasi pada ruangan lainnya. Rumah idaman Anda akan terasa sejuk jika memiliki ventilasi yang efisien.
3. Menentukan Arah Hadap Rumah
Tentukan arah hadap rumah Anda jika menginginkan kondisi rumah yang lebih sehat. Memang, semua arah rumah adalah baik, namun tidak ada salahnya melakukan rekayasa agar rumah Anda terasa lebih nyaman. Misalkan, jika Anda membutuhkan pasokan matahari pagi yang menyehatkan, Anda perlu menghadapkan rumah ke arah timur. Jika rumah Anda menghadap barat, maka ada baiknya menanam pohon guna menghalau cahaya siang dan sore hari.
4. Penggunaan Material Bangunan yang Tepat
Selain memperhatikan bahan bangunan agar rumah idaman Anda lebih kokoh dan terlihat indah, perlu juga diperhatikan kesehatannya. Tidak sedikit material bangunan yang mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Cobalah untuk memperbanyak elemen alam pada rumah idaman, semisal batu, kayu, batu alam, marmer, dan lainnya agar meminimalisir bahan- bahan kimia.
5. Buatlah Taman
Keberadaan taman sangat berpengaruh bagi kesehatan rumah idaman Anda. Selain mempercantik tampilan, taman yang ditanami berbagai tumbuhan hijau dapat memberikan udara yang segar di pagi hingga sore hari. Selain itu, keberadaan taman di rumah idaman dapat membuat pikiran dan mata lebih segar. 

Rumah Idaman
Share This :