Marga Tirta Kencana

Manfaatkan Lahan Sempit di Rumah dengan Taman Minimalis

Manfaatkan Lahan Sempit di Rumah dengan Taman Minimalis

Setiap orang pasti memiliki impian untuk memiliki taman yang indah pada huniannya. Meski begitu, hal tersebut seringkali harus terbentur dengan kondisi lahan di rumah yang tidak cukup luas. Tidak perlu khawatir, Anda tetap dapat memiliki taman yang indah dengan menerapkan konsep taman minimalis pada rumah Anda.
Konsep taman minimalis, atau taman yang mungil, tengah menjadi tren di kalangan hunian di perkotaan. Taman minimalis memiliki daya tarik karena penataannya yang cenderung sederhana dengan fungsi yang tidak berbeda dengan taman berlahan luas. Selain sebagai pemanis, kehadiran taman di rumah dinilai cukup penting sebagai penyegar pikiran. Anda bisa sembari menikmati camilan atau teh di dapur minimalis terbuka yang berlokasi di dekat taman Anda.
Untuk membuat taman minimalis, setidaknya ada beberapa karakteristik yang perlu diperhatikan. Misalkan bentuk bangunan bergaya minimalis yang umumnya berbentuk kotak dan geometris. Kehadiran taman minimalis mampu mengurangi kesan kaku pada bangunan rumah.
Kehadiran konsep taman minimalis harus disesuaikan dengan bentuk dan desain rumah. Taman dengan konsep minimalis yang memanfaatkan lahan sempit berfungsi sebagai pendukung arsitektur bangunan. Taman dapat menjadi elemen dekoratif yang memunculkan kesan serasi antara taman dan bangunan. Selain itu, kehadiran taman minimalis dapat menjadikan rumah terkesan lebih luas dan segar. Selain itu, taman minimalis dapat menonjolkan karakter bangunan rumah.
Meskipun mengusung tema minimalis, namun taman berkonsep ini tetap mengedepankan nilai estetika. Taman minimalis baiknya menonjolkan aksen natural dengan material yang tidak terlampau banyak. Selain itu, aspek kesehatan dan kenyamanan penghuni sangat perlu diperhatikan.
Pada umumnya, taman cenderung dihuni oleh satu atau dua jenis tanaman yang sama. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi kesan taman yang berantakan. Tanaman tersebut dapat disusun di atas hamparan rumput atau bebatuan yang disusun rapi. Perlu diperhatikan pula ketika menyusun batuan. Gunakan warna yang seragam agar tampilan taman semakin menarik.
Menentukan letak taman minimalis tidaklah sulit. Anda bisa meletakkannya di bagian depan, belakang, bahkan di tengah rumah. Jika taman terletak di bagian belakang rumah, hindari ornamen-ornamen seperti gunung atau tumbuhan yang tinggi. Hal tersebut dapat menjadikan taman terkesan sempit.
Lain halnya jika Anda menempatkan taman di tengah rumah. Anda dapat memasang tumbuhan yang cenderung tinggi seperti pakis, jenis palem-paleman, atau tanaman-tanaman dengan dedaunan hijau. Tanaman jenis pakis dan palem menjadikan suasana dalam rumah menjadi teduh dan segar.
Dalam mendesain, Anda tidak harus selalu memasang tanaman atau tumbuhan. Anda bisa membuat kolam kecil dengan air terjun buatan, lengkap dengan ikan-ikan hias di dalamnya. Suara gemerecik air akan membuat suasana rumah Anda menjadi lebih hidup. Selain itu, kehadiran kolam menjadikan tampilan taman tidak monoton dan membosankan.
Pada dasarnya, mendesain taman membutuhkan kreativitas dalam memanfaatkan lahan sempit dan memadu-padankan elemen-elemen di dalam taman.

Share This :