Marga Tirta Kencana

Faktor Penting dalam Desain Ruang Tamu

Faktor Penting dalam Desain Ruang Tamu

Ruang tamu merupakan salah satu ruangan yang cukup penting dalam sebuah rumah. Ruang tamu yang biasanya ditempatkan di bagian depan rumah dapat mencerminkan tema rumah secara keseluruhan. Oleh karena itu, sangat perlu diperhatikan desain ruang tamu yang menarik dan berestetika agar hunian Anda tetap terlihat indah dan cantik.
Desain ruang tamu tidak begitu sulit dilakukan. Anda hanya perlu mengeluarkan segenap ide dan inspirasi yang akan diterapkan pada desain ruang tamu Anda. Tidak perlu juga bahan-bahan dan furniture yang mahal untuk membuat desain ruang tamu terlihat elegan. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat desain ruang tamu yang cantik:
Furniture
Unsur pertama dari ruang tamu yang menarik adalah perihal furniture. Tidak diperlukan furniture yang mahal untuk desain ruang tamu agar terlihat indah. Anda hanya harus memasukkan dan mengantur tata letak furniture sesuai dengan estetika. Jika Anda mengusung ruang tamu minimalis, Anda bisa gunakan sofa yang tidak terlalu besar namun nyaman.
Sesuaikan furniture yang diguanakan dengan konsep yang Anda terapkan untuk desain ruang tamu. Jika Anda mengusung tema etnik, maka gunakan furniture berbahan kayu. Jika Anda menyukai desain modern, maka letakkan furniture dengan desain yang sederhana dan elegan.

Desain Ruang Tamu

Cat Tembok
Jangan pernah remehkan warna cat dan mendesain ruang tamu. Ruangan akan memiliki kesan yang berbeda jika menggunakan cat tembok tertentu. Jika Anda menginginkan ruang tamu tampak luas, maka gunakan cat berwara terang, seperti putih, biru muda, krem, atau abu muda.
Sebaliknya, warna gelap akan membuat ruang tamu nampak kecil, namun penuh dengan kehangatan dan nuansa keakraban. Jika Anda mengusung konsep minimalis modern pada ruang tamu, maka gunakan cat cerah dengan warna-warna kombinasi yang membuat tampilan ruang tamu Anda semakin cantik.
Untuk menghias tembok, jika bosan hanya dengan memanfaatkan cat, Anda bisa memasang wallpaper pada ruang tamu. Gunakan wallpaper dengan gambar yang sederhana dan berwarna kalem.

Desain Ruang Tamu

Aksesoris/Ornamen
Menempatkan aksesoris atau ornamen pada desain ruang tamu tidak kalah penting. Bagaimana pun kedua unsur ini memiliki peranan yang sangat besar untuk mempercantik ruang tamu. Meski begitu perlu diperhatikan bentuk aksesoris dan ornamen yang Anda simpan di ruang tamu. Diperlukan sentuhan artistik dalam meletakkan aksesoris pada desain ruang tamu.
Jika ukuran ruang tamu Anda tidak terlalu besar, maka jangan pasang aksesoris berukuran besar, hal tersebut membuat ruang tamu terkesan sempit. Untuk nuasa yang lebih elegan, gunakan aksesoris yang kecil namun indah. Anda juga bisa pajang foto keluarga di salah satu sisi dinding ruang tamu. Dengan itu, ruang tamu dapat menujukkan kesan kekeluargaan yang hangat ketika rumah Anda dikunjungi oleh tamu.

Desain Ruang Tamu
Share This :