Menghitung Harga Sewa Rumah

April 17, 2017, 1:28 pm

sewa rumah

Sering kita merasa kebingungan melakukan perhitungan harga sewa rumah yang sesuai. Kadang harga sewa rumah dianggap terlalu tinggi atau kerap menemukan harga sewa rumah yang sangat murah, padahal belum tentu harga sewa rumah itu memang murah. Bisa jadi sudah sesuai dengan perhitungan yang ideal. Tolak ukur harga sewa terkadang memang tak mudah kita menerkanya. Tak sedikit pula pihak penyewa yang menyewakan rumahnya dengan harga yang ditentukan lewat hitung kancing. Memang ada proses negosiasi, tetapi jika harga penawaran sudah terlalu terlalu tinggi, kita pasti akan enggan menawarnya.

Jika Anda pihak yang menyewakan rumah pun, seringkali merasa kebingungan menentukan harga sewa rumah agar tidak terlalu tinggi. Jika Anda menyewakan rumah dengan harga sewa rumah terlalu rendah maka Anda bisa mengalami kerugian. Jika Anda membanderol harga sewa terlalu tinggi, maka orang akan enggan menyewa rumah Anda. Perhitungan harga sewa memiliki cara yang cukup beragam.

sewa rumah

Anda dapat menghitung harga sewa rumah dengan capital rate. Menurut ahli aset Anto Erawan (antoerawan@rumah.com), perhitungan capital rate sewa rumah adalah 3% sampai 5% dari harga pasaran jual. Sedangkan lahan atau tanah kosong 0.5% sampai 2%. Untuk rumah toko (ruko) atau rumah kantor (rukan) sebesar 6% sampai 9%. Kios dan toko sebesar 5% sampai 10% dari harga aset. Apartemen dan kondominium sebesar 7% sampai 12%. Angka ini bergantung pada kondisi aset, seperti lokasi, potensi pendapatan yang bisa diperoleh dari aset. Rumus capital rate kurang lebih adalah, harga properti x capital rate (%) = Harga sewa (Rp) / Tahun.

Harga sewa rumah yang ideal biasanya ada di angka 3-5% per-tahun dihitung dari harga rumah dan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP). Anda bisa mencari informasi ke kantor pajak mengenai nilai jual rumah yang Anda akan sewa atau sewakan. Misalnya Anda akan menyewa atau menyewakan rumah di Kabupaten Bandung Barat yang pasaran nilai jual rumah di daerah tersebut di angka 246 juta, maka harga sewa rumah ideal paling rendah adalah 7,38 juta sampai paling tinggi 12.3 juta.

Capital rate memang merupakan cara yang umum untuk menentukan harga sewa yang ideal. Namun kadang kita juga tidak bisa serta-merta menentukan harga aset, misalnya toko atau ruko. Meskipun ruko atau toko yang akan Anda sewa atau sewakan tersebut berada di daerah yang jauh dari pusat kota, bukan berarti nilai asetnya rendah. Bisa jadi ruko atau toko tersebut memang merupakan pemimpin pasar di daerah tersebut, sehingga omzetnya tinggi dan menjanjikan. Dengan demikian nilai jual aset tersebut pasti tinggi begitu pula dengan harga sewanya.

Komentar Anda

Leave a Reply

0 Komentar