Jenis-Jenis Ventilasi Rumah

July 28, 2017, 4:59 pm

Ventilasi Rumah

Keberadaan ventilasi wajib hukumnya dalam sebuah rumah. Selain berguna bagi kesehatan penghuni rumah, ventilasi juga bisa menjadi penunjang desain sebuah rumah. Orang menganggap ventilasi rumah sebagai pelengkap saja yang tidak memilki jenis dan fungsi yang berbeda. Padahal, terdapat beberapa jenis ventilasi rumah yang bisa diterapkan demi kesehatan dan keindahan rumah. Perlu diketahui, ventilasi rumah bukan sekadar lubang yang terletak di atas kusen. Namun, pintu dan jendela termasuk ke dalam ventilasi rumah.

1. Boven

Boven merupakan ventilasi yang sangat umum ditemui. Biasanya ventilasi ini berada di atas atau menyatu dengan kusen jendela dan pintu. Bentuknya beragam, bisa bulat atau persegi, tergantung dengan konsep rumah yang diterapkan. Begitu pula dengan bahannya, yang bisa menggunakan kayu atau bilah kaca. Namun, ada juga boven yang letaknya terpisah dengan kusen dan disekat oleh batu-bata. Rumah di Indonesia, kebanyakan menggunakan ventilasi rumah berjenis boven, alasannya agar tidak ada yang menerobos masuk melalui ventilasi tersebut.

2. Jalusi atau Kepyak

Jenis ventilasi ini termasuk yang banyak ditemui di berbagai hunian. Ventilasi ini berbentuk bilah-bilah kayu yang terpasang permanen pada kusen. Celah-celah di antara bilah tersebut menjadi tempat keluar-masuknya sirkulasi udara.

Ventilasi Desain Rumah Modern

3. Kaca Naco

Kaca naco merupakan jenis ventilasi yang berupa material jendela. Bentuknya bersegmen atau bertingkat dan bisa dibuka-tutup sesuai dengan keinginan. Keuntungan ventilasi rumah berupa kaca naco ini adalah, Anda bisa menentukan celah yang akan dipergunakan. Apabila angin sedang berembus kencang, Anda bisa mentup sedikit celah pada ventilasi. Begitu pula sebaliknya. Kelemahannya, kaca naco dinilai tidak aman dan kurang ekonomis.

4. Loster

Secara sepintas, loster tidak terlihat seperti ventilasi rumah, melainkan seperti dekorasi. Loster memang ventilasi rumah berbentuk lubang kecil yang didesain sedemikian rupa sehingga menyerupai dekorasi rumah. Jenis ventilasi tipe loster ini memiliki banyak jenis sesuai dengan bahannya, ada yang berbahan beton, kayu, dan keramik. Semua bahan tersebut sesuai dengan konsep rumah yang diusung, karena loster bisa sekaligus menjadi dekorasi rumah.

5. Ventilasi Bantuan

Terkadang, Anda membutuhkan ventilasi rumah tambahan di ruangan tertentu seperti kamar mandi atau dapur yang tidak sempat dibuat ketika membangun rumah. Maka ventilasi bantuan adalah solusinya. Ventilasi rumah ini berbentuk alat yang dapat membantu sirkulasi udara di dalam ruangan. Biasanya ventilasi ini dipasang di atas plafon, dengan kipas yang membantu udara untuk keluar-masuk. Di kamar mandri, ventilasi bantuan berguna untuk membuang uap air, terlebih jika menggunakan air hangat. Ventilasi bantuan di dapur biasanya ditempatkan di atas kompor, disebut cooker hood. Gunanya sebagai alat penghisap asap dari masakan yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan.

Ventilasi Desain Rumah Modern

Komentar Anda

Leave a Reply

0 Komentar