Marga Tirta Kencana

Rumah Minimalis Modern yang Simple dan Elegan

Rumah Minimalis Modern yang Simple dan Elegan

Tren properti kini sedang menunjukkan minat yang tinggi pada hunian konsep rumah minimalis modern. Model rumah minimalis modern menjadi daya tarik tersendiri bagi kebanyakan orang, karena selain tampilannya yang terkesan mewah dan elegan, rumah model ini juga tidak membutuhkan lahan yang terlalu luas dan mudah dibangun. Hal ini sangat cocok bagi yang mencari rumah di daerah perkotaan.
Semenjak peminat rumah minimalis modern meningkat, para desainer berlomba membuat rancangan rumah yang simple namun elegan. Oleh karena itu, model dan desain rumah minimalis modern sangatlah beragam. Selain itu rumah minimalis juga dapat dilengkapi dengan taman minimalis yang cantik dan bahkan ada yang memiliki dapur minimalis terbuka.
Di Indonesia, banyak orang yang cenderung memilih konsep rumah minimalis sebagai bentuk rasa jenuh terhadap model dan konsep hunian yang cenderung monoton, terlalu banyak ornamen, luasnya yang berlebihan, hingga perawatan yang merepotkan. Di lain sisi, konsep rumah minimalis modern dipengaruhi oleh gaya arsitektur dunia yang mengusung konsep praktis dan sederhana, namun tidak mengurangi nilai estetika.
Meski begitu, konsep rumah minimalis di Indonesia bukan tanpa masalah. Contohnya ada beberapa rumah yang menggunakan atap datar dari cor beton yang diterapkan di seluruh bagian rumah. Di Indonesia yang beriklim tropis, hal tersebut tentu tidak cocok. Pada suhu yang panas, atap beton menimbulkan radiasi panas pada ruangan di bawahnya. Dak beton pun cenderung lebih mudah retak. Kemudian pada musim penghujan, retakan tersebut akan terisi air yang mengakibatkan kebocoran.
Meski begitu, konsep rumah minimalis modern dinilai sebagai konsep hunian yang akan sangat populer untuk beberapa waktu ke depan. Konsep rumah minimalis tidak membutuhkan lahan yang terlalu luas namun tetap memanfaatkan setiap area yang ada. Penataan pada konsep rumah minimalis modern pun sangat memperhatikan estetika dan desain interior yang apik.
Ciri umum pada rumah minimalis terletak pada bentuk dan garis geometris yang tegas. Rumah tipe ini biasanya didominasi oleh desain perulangan garis vertikal atau horisontal, dan mengesankan bentuk persegi. Penggunaan atap yang datar pun menjadi ciri utama rumah minimalis modern.
Rumah tipe minimalis memiliki letak ruangan yang lebih terbuka. Konsep ini sangat meminimalkan sekat-sekat pada ruang. Hal ini menjadikan konsep rumah minimalis modern terkesan luas. Selain itu, ornamen-ornamen seperti cornice atau ukiran tidak diterapkan. Tampilan rumah konsep minimalis modern cenderung lebih polos dan bersih. Begitu juga dengan furniture yang digunakan, bersifat simple, tegas, dan polos.
Untuk mengurangi kesan monoton, biasanya rumah tipe minimalis lebih memainkan pencahayaan dengan memanfaatkan jendela yang cukup banyak dan besar. Selain itu, permainan warna sangat diutamakan. Rumah minimalis modern pada umumnya mengusung dua hingga tiga warna yang berbeda untuk membuat kesan dramatis.

Share This :