Marga Tirta Kencana

Menangani Godaan Rumah Murah

Menangani Godaan Rumah Murah

Siapa yang tidak tergoda dengan iklan rumah murah di daring, apalagi jika Anda belum punya rumah. Namun, jelilah sebelum membeli. Setidaknya ada beberapa hal yang Anda perlu perhatikan jika Anda kebetulan menemukan rumah murah yang dibanderol dengan harga di bawah rata-rata.
Pelajari terlebih dahulu kelengkapan serta jenis sertifikasi rumah murah yang akan Anda beli. Tak jarang ada rumah murah yang dijual di bawah harga pasaran, tetapi surat-suratnya belum jelas, atau kepemilikannya tidak jelas. Tak jarang bahkan ada rumah yang memiliki sertifikat ganda, sehingga rumah tersebut dalam kondisi sengketa. Salah satu pihak yang bersengketa menjual rumah tersebut dikarenakan tak lagi memiliki biaya untuk mengurusi legalitas rumah tersebut, atau dikarenakan hal lain. Pastikan legalitas hukum rumah murah yang Anda akan beli.
Jika Anda memilih membeli rumah murah baru, pastikan pihak pengembang memiliki reputasi yang baik. Tak sedikit pengembang jahat yang mencoba menipu pembeli dengan iming-iming rumah murah. Pengembang biasanya menjanjikan pembangunan rumah akan selesai jika done payment (DP) dalam jumlah persentase tertentu telah dibayar lunas. Namun ketika sudah lunas, pembangunan tak kunjung selesai dan pihak pengembang tersebut menghilang.
Ketika Anda menemukan rumah murah bekas yang dijual, perhatikan keutuhan dan kelayakan bangunan. Misalnya, pondasi dan berbagai struktur rumah, terkecuali Anda berniat atau memang tak mempermasalahkan jika Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk melakukan perbaikan atau membangun ulang rumah yang Anda beli. Jika perbaikan yang perlu dilakukan hanya perbaikan ringan, tak jadi soal. Namun, jika ternyata rumah yang Anda beli membutuhkan perbaikan berat bahkan perombakan ulang, tentu hal ini akan memakan biaya yang tak sedikit. Jadi, amati secara teliti rumah yang akan Anda beli.
Waspadai penjual yang bermasalah dengan utang. Jika Anda membeli rumah murah dari seorang penjual yang terlilit utang, maka para penagih utang dan surat-surat tagihan akan datang ke rumah Anda. Biasanya penjual akan menghilang dan tidak memberitahukan lagi alamat tempat tinggalnya kepada Anda. Jika Anda dapat menjelaskan kepada pihak penagih bahwa sang pemilik sebelumnya telah pindah alamat dengan memberikan bukti yang sah, maka masalah dapat diatasi. Namun tak sedikit penagih utang yang berkeras menagih utang pemilik sebelumnya kepada Anda.
Meski terdengar sedikit tak masuk akal, tetapi tak jarang rumah murah yang dijual karena sering mengalami gangguan yang berbau mistis. Mungkin bagi Anda yang tak percaya, hal ini tak jadi soal. Namun, jika Anda percaya dan penyuka sinema horor, cerita berlatar rumah yang dijual murah karena gangguan makhluk tak kasat mata, tentu sudah menjadi skenario yang klise.

Share This :