Marga Tirta Kencana

Mempercantik Rumah Subsidi yang Kecil

Mempercantik Rumah Subsidi yang Kecil

Program rumah bersubsidi merupakan angin segar bagi Anda yang membutuhkan rumah dengan harga yang terjangkau. Seperti diketahui, rumah bersubsidi adalah rumah yang tidak dikenai pajak dan memiliki bunga yang rendah, yang ditujukan untuk masyarakat berpenghasilan rendah agar mendapat rumah layak huni.
Meski murah, rumah subsidi biasanya memiliki sejumlah kendala, terutama perihal luas lahan. Rumah subsidi umumnya bertipe 29/72 dan 27/72. Rata-rata rumah subsidi hanya memiliki dua kamar tidur dan satu kamar mandi, namun masih memiliki sedikit lahan kosong di belakang rumah. Ukuran rumah subsidi memang kecil, karena memanfaatkan lahan yang tidak luas.
Kendati demikian, bukan berarti rumah subsidi tidak bisa dipercantik. Ada beberapa cara yang dapat diterapkan agar rumah subsidi tampak cantik meskipun tidak memiliki luas yang memadai.
Salah satunya adalah dari segi pencahayaan. Tidak bisa dipungkiri bahwa pencahayaan sangat berdampak pada keindahan dan kenyamanan sebuah rumah. Anda bisa membuat variasi lampu pada malam hari. Gunakan lampu berwarna kuning di ruang keluarga atau kamar tidur untuk membuat kesan romantis, hangat, dan alami. Selain itu, tempatkan juga lampu berwarna putih di beberapa ruangan guna memberi kesan formal dan luas pada ruangan.
Selain itu, perhatikan dan atur tata letak jendela. Rumah subsidi dirancang untuk mudah direnovasi, sehingga Anda bisa dengan mudah melakukan konstruksi ulang. Gunakan jendela yang tidak terlalu besar dan tidak bermotif agar rumah subsidi nampak lebih luas. Atur juga posisi antar-jendela agar mendapat pasokkan sinar matahari yang cukup sekaligus sirkulasi udara yang baik.
Salah satu yang paling menunjang kecantikan rumah subsidi adalah penggunaan warna yang tepat. Hindari cat dinding berwarna gelap, yang membuat rumah Anda terkesan sempit dan tidak bergairah. Gunakan warna terang seperti kuning muda, krim, atau biru muda. Di bagian dalam rumah, Anda bisa gunakan wallpaper berwarna terang dengan motif yang lembut. Selain memperindah ruangan, kehadiran wallpaper dapat mengistirahatkan mata Anda.
Yang tidak kalah penting dalam mempercantik rumah adalah pemilihan furnitur. Dalam memilih furnitur, sebaiknya gunakan yang berdesain sederhana dan berwarna kalem. Tujuannya adalah untuk menampilkan suasana santai dan ringan di ruangan rumah subsidi yang tidak luas. Anda bisa gunakan furnitur berbahan kayu agar terkesan alami.
Hindari memasang terlalu banyak aksesoris atau pajangan di rumah Anda, terlebih hiasan dinding. Hal ini membuat rumah terlihat semakin sempit. Jika Anda ingin memasang foto pada dinding, gunakan bingkai yang tidak terlalu besar dan memiliki warna yang serasi dengan warna tembok.
Selain itu, untuk mempercantik tampilan luar rumah, Anda bisa menghias taman dengan bunga-bunga berwarna terang yang cantik. Hindari menghias taman dengan tanaman yang tinggi dan besar, hal tersebut dapat menjadikan taman terkesan sempit.

Rumah Subsidi
Share This :