Tips untuk Penghuni Rumah Kontrakan

March 31, 2017, 2:55 pm

rumah kontrakan

Bagi Anda yang kebetulan ditugaskan bekerja di luar kota, atau belum memiliki dana dan nyali untuk membeli rumah, maka rumah kontrakan adalah solusinya. Selain mempersiapkan dana, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menentukan rumah kontrakan.

Pilihlah kontrakan rumah yang strategis. Lokasi rumah kontrakan Anda sebaiknya tidak menyulitkan Anda atau anggota keluarga Anda untuk mengakses tempat-tempat yang biasa diakses sehari-hari. Pilihlah tempat dengan kemudahan akses transportasi umum meskipun Anda memiliki kendaraan pribadi.

Kenalilah dengan baik pemilik rumah yang Anda sewa. Dengan mengenali langsung pemilik rumah kontrakan, Anda dapat menjalin komunikasi yang kondusif, baik itu terkait pembayaran, fasilitas, kenyamanan, hingga keamanan rumah kontrakan tempat Anda tinggal.

Lakukan peninjauan terlebih dahulu. Dengan melakukan pengecekan perihal kondisi calon kontrakan Anda beserta lingkungannya. Pratinjau memberikan Anda informasi mengenai kelayakan dan kelaikan kontrakan rumah Anda. Kelaikan dan kelayakan kontrakan rumah yang perlu Anda perhatikan adalah meliputi kebersihan, kebutuhan air bersih, listrik, kondisi bangunan dan fasilitasnya, keamanan lingkungan dan pengamanan, kualitas lingkungan sosial dan sistem masyarakat seperti Rukun Tetangga (RT) ataupun Rukun Warga (RT).

Pastikan ‘hitam di atas putih’. Pastikan proses penyewaan rumah kontrakan Anda secara jelas dan terinci. Jika Anda menyewa per-bulan atau tahunan, pastikan tanggal masuk, tanggal pembayaran, dan nominal yang jelas. Buatlah semacam pasal perjanjian perihal kenaikan harga sewa yang harus diinformasikan terlebih dahulu oleh pemilik kontrakan rumah pada rentang waktu tertentu sebelum tenggat waktu pembayaran berikutnya. Dengan demikian pemilik kontrakan rumah tidak dapat ‘menjebak’ Anda terkait kenaikan harga kontrakan.

Lindungilah milik Anda. Anda perlu mengingat bahwa, rumah kontrakan bukanlah hak milik Anda. Sebaiknya jangan jatuh cinta terlalu dalam pada rumah sewaan Anda, tetapi tetaplah merawat tempat tinggal Anda. Anda perlu menyadari bahwa terdapat kemungkinan orang lain mengakses kontrakan Anda dan privasi Anda. Pastikan barang-barang berharga dan privasi Anda hanya dapat diakses oleh Anda.

Komentar Anda

Leave a Reply

0 Komentar