Tips Membangun Rumah Murah yang Efisien

July 19, 2017, 11:03 am

Rumah Murah

Membangun rumah menjadi solusi yang paling tepat untuk memiliki hunian idaman. Meski begitu, harga bahan bangunan dan tanah yang semakin mahal menjadi kendala dalam membangun rumah. Perlu beberapa siasat untuk membangun rumah murah dengan budget yang tidak terlalu mencekik sekaligus menjadikannya tidak terlihat murahan. Berikut tipsnya:

1. Pilih Lokasi yang Sedikit Jauh dari Perkotaan

Berbagai kemudahan fasilitas dan akses di perkotaan menjadikan harga tanah di lokasi demikian melambung tinggi. Jika Anda ingin membangun rumah murah, maka pilihlah lokasi yang sedikit jauh dari perkotaan. Meski begitu, Anda perlu cermati apakah daerah tersebut memiliki akses yang baik atau tidak, seperti akses jalanan. Selain itu, Anda perlu memprediksi perkembangan suatu lokasi yang hendak didirikan rumah, apakah lokasi tersebut akan berkembang atau tidak.

2. Pilih Harga Material atau Bahan Bangunan yang Murah

Material dan bahan bangunan untuk rumah beragam harganya. Hal tersebut disesuaikan dengan kualitasnya. Untuk membangun rumah murah, Anda perlu membandingkan harga bahan bangunan di beberapa toko. Perbedaan sedikit saja bisa memberikan dampak yang besar bagi pengeluaran Anda. Meski begitu, agar tetap aman dan nyaman, pastikan bahan bangunan untuk rumah murah Anda tetap berkualitas baik.

3. Bangun Rumah pada Waktu yang Tepat

Tidak perlu terburu-buru dalam membangun rumah. Anda harus paham bahwa ada waktu tertentu harga bahan bangunan dan ongkos tenaga bangunan lebih mahal dibandingkan biasanya, misalkan ketika hari raya atau libur nasional. Jadi, jika Anda memutuskan untuk membangun rumah murah, hindari hari-hari libur karena harga untuk keperluan membangun biasanya sedang mahal.

4. Efisiensi dalam Desain dan Model

Membangun rumah sendiri, berarti Anda dapat bebas menentukan desain dan model rumah. Dalam membuat rumah, Anda perlu melakukan efisiensi dalam sektor desain dan model. Kurangi jumlah ruangan dan desain yang tidak perlu. Anda tetap bisa membuat model dan desain yang indah bagi rumah murah kendati diminimalisir dalam hal anggaran.  Tidak perlu membuat model yang rumit dan boros dalam membuat rumah murah.

5. Buat Rancangan yang Lengkap Ketika Membangun

Dengan membuat rancangan yang lengkap, Anda akan terhindar dari berbagai kesalahan dalam membangun rumah. Tidak akan ada pembongkaran atas dasar kesalahan. Selain itu, jika memiliki rancangan yang lengkap, proses pembangunan rumah murah bisa lebih cepat dan mengurangi ongkos tenaga bangunan.

6. Pilih Tenaga Bangunan dan Pemborong yang Profesional

Memilih pemborong dan tenaga bangunan yang profesional memang akan memakan biaya lebih. Namun dalam membangun rumah, hal tersebut perlu dilakukan. Alasannya, para profesional akan bekerja secara cepat dan efisien, sehingga ongkos tenaga dapat sangat diminimalisir. Resiko kegagalan dalam membangun akan sangat minim jika dilakukan oleh para profesional.

Baca Juga: Menangani Godaan Rumah yang Murah

Komentar Anda

Leave a Reply

0 Komentar