Tiga Contoh Konsep Ruang Keluarga Minimalis

July 28, 2017, 4:52 pm

Ruang Tamu Minimalis Modern

Kehadiran ruang keluarga tidak bisa diabaikan dari sebuah hunian. Di ruang inilah Anda menghabiskan banyak waktu bersama keluarga. Maka, untuk menghadirkan suasana nyaman dan hangat, desain pada ruang keluarga perlu mendapat perhatian khusus. Kini, konsep ruang keluarga minimalis tengah digemari oleh banyak kalangan. Selain memanfaatkan ruang yang tidak terlampau luas, ruang keluarga minimalis terbilang cukup fleksibel untuk diterapkan dengan berbagai konsep desain yang menawan.

Berbicara mengenai desain interior bagi ruang keluarga minimalis, ada beberapa konsep yang umum diterapkan bagi ruang keluarga di rumah Anda.

1. Ruang Keluarga Minimalis Modern

Ruang Tamu Minimalis Modern

Salah satu konsep ruang keluarga yang sedang tren adalah ruang keluarga minimalis modern yang mengedepankan konsep efisiensi dalam pemanfaatan ruang. Pada penerapannya, konsep ruang keluarga minimalis modern mengutamakan penataan ruang secara maksimal dengan perabot yang miniml, namun tanpa mengurangi nilai estetika di dalamnya.

Ruang keluarga minimalis modern, Anda perlu menonjolkan kesan senada. Gunakan warna netral pada bagian lantai, tembok, dan langit-langit. Termasuk dalam menentukan tekstur dan pola, sehingga Anda dapat menanpilkan perpaduan yang hamonis.

Pilihlah furnitur yang simpel dan kuat untuk menampilkan kesan ruang keluarga minimalis modern. Jika ruangan tidak begitu luas, hindari memasang karpet atau hiasan dinding, karena akan membuat ruangan terkesan sumpek. Justru sebaliknya, biarkan dinding polos agar memberi kesan lapang dan modern.

Jangan lupakan penerangan natural dengan menempatkan jendela dengan ukuran cukup besar, agar pencahayaan dan sikulasi udara teratur dengan baik. Bagi lampu, Anda dapat menempatkan lampu yang menyatu dengan plafon, dengan begitu dudukan lampu tidak akan terlihat sehingga konsep modern dan mimimalisnya akan sangat terasa.

2. Ruang Keluarga Minimalis Hangat

Desain Ruang Keluarga Minimalis Sederhana

Salah satu yang menonjol dari ruang keluarga minimalis adalah memanfaatkan lahan yang tidak luas. Untuk menyiasati hal tersebut, Anda bisa menyatukan ruang keluarga dengan ruang tamu. Menyatukan bukan berarti membuat satu ruangan dengan dua fungsi. Menyatukan dua ruangan tersebut berarti menghilangkan sekat pemisah antara dua ruangan tersebut.

Untuk menonjolkan konsep ruang keluarga yang hangat, Anda perlu memunculkan kesan hangat dan ceria di rumah. Salah satunya dengan mengusung warna krem, jingga, biru muda, atau coklat. Sedangkan untuk lantai, Anda bisa menggunakan warna yang senada dengan tembok. Atau lebih menarik jika menerapkan elemen kayu pada ruang keluarga, agar semakin terasa kesan naturalnya.

3. Ruang Keluarga Minimalis Monokratik

Ruang Keluarga Minimalis Monokratik

Bagi Anda yang mencintai desain simpel dan elegan, Anda bisa menerapkan konsep ruang keluarga minimalis monokratik. Sesuai namanya, Anda perlu memadu-padankan putih, putih gading, atau abu-abu muda pada dinding. Kemudian kombinasikan dengan warna gelap, seperti hitam atau abu-abu tua sebagai highlight pada ruangan tersebut.

Gunakan juga pola dengan warna serupa pada dinding, agar ruang keluarga tidak tampak kosong. Sebagai tambahan, gunakan furnitur dengan warna putih atau hitam guna mendukung tema ruangan. Selain itu, untuk menampilkan sisi elegan, gunakan hiasan dinding dengan ukuran yang kecil.

Untuk langit-langit, Anda bisa gunakan plafon polos yang senada dengan warna dinding. Sedangkan untuk pencahayaan, gunakan lampu dengan dudukan yang didesain tersembunyi untuk memberikan penerangan yang memadai. Tempatkan juga jendela dengan ukuran sedang di salah satu sisi, untuk mendapat pencahayaan alami dan sikulasi udara. Jangan lupa, hiasi jendela menggunakan gorden yang berwarna senada dengan tembok.

Komentar Anda

Leave a Reply

0 Komentar