Marga Tirta Kencana

Tentang Sewa Rumah dan Keuntungannya

Tentang Sewa Rumah dan Keuntungannya

Harga rumah yang selalu melambung tinggi setiap tahunnya membuat sebagian orang berpikir ulang untuk membeli hunian dan beralih untuk sewa rumah. Hal tersebut yang menjadikan menyewa rumah sebagai solusi untuk memiliki hunian, alih-alih membeli rumah baru. Menyewa rumah menjadi solusi ampuh bagi mereka yang belum cukup memiliki dana untuk DP pembelian rumah.
Tidak ada yang salah dalam sewa rumah. Bahkan, terdapat beberapa keuntungan jika Anda memutuskan untuk sewa rumah sebagai solusi sementara memiliki hunian. Berikut adalah beberapa keuntungan dalam sewa rumah:
1. Bebas Biaya Uang Muka
Jika Anda memilih untuk sewa rumah, sudah jelas Anda akan terbebas dari biaya uang muka. Pada dasarnya, uang muka yang terlalu tinggi yang memberatkan kebanyakan orang untuk membeli rumah baru. Jika Anda membeli rumah baru, maka Anda harus menyiapkan uang muka rata-rata 20 hingga 30 persen dari total harga rumah. Lain halnya dengan sewa rumah. Anda hanya perlu menyiapkan biaya sewa rumah untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan pemilik rumah.
2. Tidak Terbebani Biaya Perawatan Rumah
Membeli rumah bukan berarti tidak terbebani dengan biaya perawatan. Layaknya barang, rumah perlu dijaga agar tetap nyaman dan aman untuk dihuni. Sebut saja biaya perawatan untuk atap yang bocor, saluran air yang mampet, hingga perawatan cat rumah. Dengan sewa rumah, Anda akan terbebas dari beban perawatan rumah, karena biaya tersebut merupakan kewajiban pemilik rumah. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan dana khusus untuk merawat rumah dan membayar tukangnya.
3. Bebas Biaya PBB Rumah
Biaya PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) biasanya dibayarkan setiap satu tahun sekali. Jumlahnya tidak tentu, berdasarkan letak dan luasnya rumah atau bangunan. Tidak jarang, biaya PBB menjadi salah satu faktor yang cukup berat bagi pemilik rumah. Namun, semua itu tidak perlu Anda pikirkan jika memutuskan untuk sewa rumah. Biaya PBB merupakan kewajiban pemilik rumah yang disewakan kepada Anda.
4. Bisa Berpindah Rumah Kapan Saja
Jika pekerjaan Anda menuntut untuk sering berpindah tempat ke luar kota, maka menyewa rumah merupakan solusi yang sangat tepat. Anda tidak perlu pusing jika suatu waktu dipindah tugas dan sekaligus harus pindah rumah. Lain halnya jika Anda memiliki rumah sendiri, maka Anda akan dipusingkan harus menjual atau menyewakan rumah. Padahal, menjual rumah bukanlah perkara mudah. Sewa rumah sangat cocok bagi Anda yang tidak akan menetap lama di suatu daerah tertentu.
5. Bisa Memilih Model dan Lokasi dengan Bebas
Jika Anda membeli rumah sendiri, maka pilihan lokasi dan model rumah tentu sangat terbatas. Misalkan Anda membeli rumah di sebuah perumahan sesuai dengan budget yang dimiliki, maka Anda tidak dapat berbuat banyak ketika lokasinya tidak strategis. Lain halnya jika Anda memilih sewa rumah, Anda bisa dengan bebas menentukan ingin di lokasi seperti apa dengan pilihan model rumah yang lebih beragam.

Share This :