Marga Tirta Kencana

Menyiasati Dapur Terbuka bagi Rumah Sederhana

Menyiasati Dapur Terbuka bagi Rumah Sederhana

Tingginya harga rumah menjadikan banyak orang membeli rumah sederhana dengan ruangan yang terbatas. Berbagai cara dilakukan guna menyiasati jumlah ruangan yang tidak banyak, salah satunya dengan membuat dapur minimalis terbuka di halaman belakang. Bukan hal yang baru memang, membuat dapur di halaman belakang. Namun, tidak semua orang dapat menyiasati dapur minimalis terbuka yang nyaman sekaligus tetap mengedepankan unsur elegan.
Umumnya, pengembang akan memberikan tawaran untuk menutup dapur dengan atap. Namun, hal tesebut biasanya membutuhkan dana tambahan. Jika Anda tidak memiliki dana tambahan untuk menutup dapur dengan atap, maka Anda bisa menyiasatinya dengan beberapa cara.
Pertama, jika atap halaman belakang rumah Anda tidak cukup besar untuk melindungi dapur, maka Anda bisa menambahkan kanopi bisa menjadi solusi yang paling ampuh. Gunakan kanopi fiber transparan agar dapur tetap terlindungi ketika hujan, sekaligus mendapat pasokan cahaya alami yang cukup jika siang hari.
Kedua, karena dapur minimalis terbuka menyatu dengan halaman belakang, jangan tutupi semua bagian halaman. Sisakan ¼ area atap untuk sirkulasi udara, karena asap yang timbul akibat kegiatan memasak tidak baik untuk kesehatan. Selain itu, dengan menyisakan sedikit bagian halaman, rumah Anda bisa tetap memiliki area terbuka sebagai taman untuk ditumbuhi berbagai tanaman.
Ketiga, karena dapur minimalis terbuka berada di area yang terbuka, maka perhatikan keamanan tembok pembatas belakang rumah agar lebih aman. Anda bisa memasang CCTV atau pagar pengaman seperti kawat berduri agar tembok belakang tidak mudah dipanjat oleh pencuri.
Dapur Minimalis Terbuka
Dapur minimalis terbuka di halaman belakang dirasa kurang nyaman oleh sebagian orang. Padahal hal ini tidak sepenuhnya buruk. Jika Anda mau sedikit berkreasi, dapur minimalis terbuka di halaman belakang bisa dibuat lebih cantik dibanding dapur di dalam rumah. Anda bisa membuat konsep khusus untuk dapur tersebut. Gunakan furnitur dan perabot yang sesuai dengan konsep yang Anda usung.
Konsep natural akan sangat cocok bagi dapur minimalis terbuka di halaman belakang. Gunakan perabot atau furnitur dengan elemen kayu atau batu dengan warna-warna yang kalem. Maka, kesan alami yang ditampilkan oleh dapur minimalis terbuka akan menunjang keindahan halaman belakang. Padu-padankan konsep yang Anda usung dengan cat dan lantai pada dapur.
Hal tersebut berlaku sebaliknya, Anda juga bisa bekreasi dengan halaman belakang agar menunjang konsep dapur minimalis terbuka yang Anda terapkan. Gunakan batuan kecil untuk menutupi halaman, maka hal tersebut akan membuat dapur Anda terkesan lebih sedap dipandang.
Dengan memainkan ide kreatif, dapur minimalis terbuka yang semula terlihat sederhana, bisa menjadi terlihat elegan dan mewah. Selain itu, perhatikan juga kesehatan pada dapur Anda, karena dapur adalah salah satu ruang yang perlu dijaga higienitasnya.

Share This :