Marga Tirta Kencana

Mengatasi Masalah Desain Kamar Tidur Sempit

Mengatasi Masalah Desain Kamar Tidur Sempit

Era modern menuntut masyarakat untuk pandai memanfaatkan ruang, termasuk rumah tinggal. Rumah tinggal saat ini harganya terbilang melonjak, sehingga memiliki rumah tinggal yang luas bagi sebagian orang merupakan angan-angan saja. Namun. Bukan berarti rumah tinggal dengan ruang terbatas tidak bisa diakali agar nyaman bahkan elegan. Kita dapat mengakalinya dengan gaya desain minimalis dan sederhana, seperti desain teras rumah minimalis, desain ruang tamu minimalis, desain kamar mandi minimalis, hingga desain kamar tidur minimalis.
Kita dapat membuat desain kamar tidur yang nyaman dan elegan meski dengan keterbatasan ruang. Ada beberapa hal dasar yang perlu kita perhatikan agar desain kamar tidur kita nyaman dan tampak elegan meski dengan ruang sempit.

1. Ketepatan Ukuran dan Jarak Dalam desain kamar tidur, upayakan Anda telah mengukur berbagai jarak dan ukuran dengan tepat. Misalnya ukuran pintu dan jarak daun pintu. Tentukanlah Anda akan menggunakan engsel pintu yang membuka ke dalam kamar atau ke luar kamar dalam desain kamar tidur Anda . Jangan sampai pintu Anda memakan ruang kamar tidur Anda. Usahakan agar jendela kamar Anda berada di posisi yang tidak terlalu rendah dari lantai karena fungsi dinding untuk desain kamar tidur yang minimalis sangatlah penting.

desain kamar tidur

2. Optimalkan Dinding Upayakan agar Anda benar-benar mengoptimalkan fungsi dinding. Peranan dinding dalam desain kamar tidur berukuran terbatas, begitu krusial. Rapatkan benda-benda besar seperti tempat tidur, lemari baju, atau televisi Anda. Dengan meletakkan benda-benda besar tadi merapat dinding, akan menghemat ruang. Bahkan di beberapa negara seperti Jepang, terdapat tempat tidur dan lemari yang berada di dalam dinding dan dapat dilipat bila tak dipakai. Desain kamar tidur yang mengoptimalkan dinding, niscaya menghemat ruang.
3. Interior dan Benda Multi-fungsi Dalam membuat desain kamar tidur dengan ruang sempit, pandai-pandailah memilih interior. Pastikan interior Anda tidak mengutamakan keindahan, tetapi lebih kepada fungsinya. Upayakan pula benda interior Anda memiliki lebih dari satu fungsi. Misalnya tempat tidur sekaligus lemari atau laci pakaian, sofa sekaligus rak buku, meja kerja sekaligus lemari pakaian, hingga layar komputer sekaligus televisi. Desain kamar tidur yang memiliki interior dan benda multi-fungsi akan menghemat ruang dan uang, karena anda membeli dua atau beberapa benda sekaligus dalam satu benda.

desain kamar tidur

4. Manajemen Kebersihan dan Tata Letak Barang Desain kamar tidur yang sempurna tetap akan terlihat sempit serta menyedihkan jika Anda tak memperhatikan kebersihan dan tata letak barang. Hindari meletakkan benda di tengah ruangan seperti buku, laptop, terlebih sofa atau beanbag. Ini akan membuat kamar tidur Anda terlihat sempit. Simpanlah kembali benda-benda pada tempatnya atau di sisi ruangan.

desain kamar tidur
Share This :