Marga Tirta Kencana

Desain Kamar Mandi Mungil

Desain Kamar Mandi Mungil

Menentukan desain kamar mandi yang nyaman dengan ruang sempit adalah perkara sulit. Apalagi jika desain kamar mandi ini disesuaikan dengan desain kamar tidur yang minimalis alias dengan ruang sempit pula. Di era modern ini, harga rumah semakin melonjak, sehingga rumah kecil adalah pilihan yang tepat. Dengan demikian diperlukan kreativitas dalam mendesain ruang sempit termasuk kamar mandi. Kita dapat membuat desain kamar mandi yang mungil, tetapi tetap nyaman dan anggun dengan memperhatikan beberapa hal di bawah ini:
1. Kamar Mandi Kering Hindari membuat desain kamar mandi yang cenderung basah. Basah di sini artinya menggunakan bak atau seluruh bidang lantai kamar mandi Anda akan basah jika Anda mandi. Gunakan siraman air (shower). Selain shower lebih menghemat air, instalasi shower juga menghemat tempat. Shower yang terdapat di pasaran saat ini biasanya sudah termasuk sekat untuk melindungi agar air tak terciprat ke lantai. Biasanya sekaligus juga dilengkapi alas mandi termasuk lubang saluran pembuangan air pada alas tersebut..
Dalam membuat desain kamar mandi, jangan lupa memilih kloset duduk beserta semprotan basuh. Memang bagi sebagian orang kloset jongkok lebih nyaman, tetapi akan membuat kamar mandi Anda basah. Kloset duduk juga menghemat tempat sehingga cocok untuk desain kamar mandi mungil.
Jika Anda bersikeras ingin memiliki bak mandi (bath tub), pilihlah bath tub dan jangan menggunakan bak mandi konvensional. Tetaplah gunakan shower sehingga bath tub Anda dapat sekaligus berfungsi sebagai alas mandi. Gunakan sekat atau kerai agar kamar mandi Anda senantiasa kering.

2. Warna yang Nyaman Dalam merancang desain kamar mandi, pilihlah warna-warna terang namun nyaman seperti biru muda, hijau alpukat, kuning, merah muda dan sejenisnya. Sebaiknya hindari penggunaan bebatuan alam untuk desain kamar mandi yang sempit. Bebatuan alam memungkinkan tumbuhnya lumut, Anda akan kerepotan membersihkannya. Kebanyakan bebatuan alam berwarna gelap, sehingga dapat memberikan kesan sempit kamar mandi Anda.

Desain Kamar Mandi

3. Ornamen yang Anggun Pilihlah ornamen atau aksesori kamar mandi yang cantik seperti lilin aromaterapi atau lampu-lampu mungil dalam rancangan desain kamar mandi Anda. Anda juga dapat menambahkan karpet tebal atau lantai kayu untuk kamar mandi Anda. Karpet dan lantai kayu akan menambah anggun kamar mandi Anda.
4. Pemanfaatan Bidang dan Perhitungan yang Tepat Buatlah perhitungan ukuran yang tepat seperti jarak bukaan pintu, jarak antar benda seperti kloset ke pintu, kloset ke areal mandi. Buatlah desain kamar mandi dengan jendela yang menghadap barat, karena sindar matahari sore dapat membunuh bakteri jahat di kamar mandi Anda. Manfaatkan secara optimal dinding kamar mandi untuk memasang kotak perkakas kebersihan diri dan cermin.

Desain Kamar Mandi
Share This :