Kiat Sederhana Memilih Rumah Idaman

April 25, 2017, 2:41 pm

rumah idaman

Memilih rumah idaman yang ideal. mungkin sesulit memilih pasangan hidup. Anda mungkin hidup, membina keluarga, hingga membesarkan anak Anda di rumah idaman Anda. Ada berbagai cara untuk mendapatkan rumah idaman, baik dengan cara mengangsur hingga membelinya secara tunai. Berikut adalah hal-hal sederhana yang perlu Anda perhatikan dalam memilih rumah idaman Anda.

1. Kondisi Fisik Rumah
Memilih rumah terkadang memang sangat sulit. Ada saja kekurangan, Misalnya kekurangan fisik seperti ketahanan pondasi, stabilitas tanah, ketahanan rangka bangunan, ketahanan dinding, kualitas rangka atap, kualitas kayu-kayu, hingga kualitas air bersih dan saluran air kotor. Jika anda memilih rumah idaman Anda dari penjual yang sebelumnya tinggal di rumah tersebut, jangan malu-malu untuk berkeliling dan mengamati berbagai kondisi fisik rumah secara langsung. Jika Anda memilih rumah idaman yang baru dibangun, pastikan spesifikasi bahan yang ada di rumah Anda sesuai dengan yang ada di selebaran promosi perusahan pengembang.

2. Legalitas
Dalam memilih rumah idaman, perhatikan legalitas atau kelengkapan surat-surat rumah yang akan Anda beli. Jika rumah yang Anda beli dari penghuni sebelumnya, pastikan ia memiliki berbagai macam kelengkapan seperti sertifikat, data rekap pajak, dan sebagainya. Jika Anda membeli rumah baru, pastikan pihak pengembang memiliki rekam jejak yang baik. Jangan sampai Anda memilih rumah idaman yang tak Anda idamkan legalitasnya karena ketidaklengkapan dokumen.

3. Strategis dan Memiliki Prospek Jangka Panjang
Sebaiknya Anda memilih rumah yang memiliki akses baik. Akses baik tak berarti harus berlokasi tak jauh dari pusat kota. Rumah strategis bisa saja dilihat dari potensi berkembangnya pembangunan di kawasan tersebut. Misalnya akan dibangunnya jalur jalan bebas hambatan, dekat dengan terminal atau stasiun kereta. Dengan memilih rumah idaman yang strategis, selain untuk investasi, rumah Anda tidak akan mempersulit mobilitas Anda.

4. Finansial
Pastikan Anda memilih rumah idaman dengan harga realistis sesuai harga pasaran, dan sesuai dengan kondisi finansial Anda. Perhatikan kondisi finansial Anda sekarang dan dalam jangka ke depan. Jika Anda berniat mengangsur rumah Anda, pastikan Anda memilih bank dengan bunga cicilan terbaik, angsuran dan uang muka paling rendah. Pelajari mekanisme pembayaran serta buat rancangan keuangan. Jangan lupa lengkapi dokumen persyaratan seperti slip gaji, rekening koran dan lain-lain.

5. Gaya Rumah
Jika Anda misalnya memilih rumah dengan desain minimalis, pastikan bagian rumah lainnya bergaya sama dan selaras. Misalnya, juga memiliki pagar rumah minimalis, ruang tamu minimalis, serta interior lainnya pun bergaya sama. Walaupun pada akhirnya Anda sendiri yang akan menata rumah Anda, tetapi dengan keselarasan gaya yang sudah ada, Anda tak usah repot menata ulang rumah Anda,

Komentar Anda

Leave a Reply

0 Komentar