Hubungi Kami
+62 813 9579 8696

Whatsapp Only

marketing@margatirtakencana.com

Anda dapat mengirimkan email

Kiat Menyicil Rumah KPR

06 September 2021, 06:23

Menyicil rumah KPR terdengar menyeramkan bagi sebagian orang. Rumah memang merupakan kebutuhan primer bagi siapapun, apalagi bagi Anda yang baru berkeluarga atau memiliki momongan. Pada dasarnya proses cicilan rumah KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) tak sesulit dan seberat itu. Kementerian Perumahan Rakyat mengeluarkan kebijakan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) bagi Anda yang berniat menyicil rumah KPR. Fasilitas FLPP bagi KPR rumah dapat Anda nikmati umumnya di bank-bank negara seperti BTN.
Jika Anda memiliki gaji tetap sebesar 2 juta rupiah, Anda sudah dapat melakukan KPR rumah dengan cicilan 700-800 ribu rupiah per-bulan. Biasanya batas maksimum cicilan rumah KPR ialah sebesar 30 persen atau lebih, dan tentu saja rumah KPR yang Anda cicil akan lunas dalam kurun waktu 15-20 tahun jika rumah yang Anda beli dilansir berharga 150-250 juta. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menyicil rumah KPR atau melakukan KPR rumah.
Lakukan perbandingan bunga antar-bank, dan pilihlah bunga ringan. Dengan bunga ringan tentu akan memudahkan Anda untuk menyicil rumah KPR idaman, tanpa takut kebutuhan sehari-hari Anda akan terganggu. Artinya, Anda harus rajin mengunjungi bank yang berbeda-beda untuk menanyakan dan membandingkan besarnya penawaran bunga cicilan rumah KPR. Upayakan Anda kenal betul dengan bank yang mengurusi cicilan rumah KPR Anda.
Tentukan batasan angka cicilan rumah KPR Anda, jangan mengambil angka yang terlalu kecil karena jangka waktu cicilan rumah KPR Anda akan semakin lama. Angka cicilan terlalu kecil biasanya mengakibatkan harga akhir total cicilan jika dibandingkan harga rumah KPR di taksiran awal akan tampak membengkak. Namun, jangan pula mengambil angka cicilan rumah KPR terlalu besar, selain  memberatkan, hal ini juga dapat mengganggu keuangan Anda jika tiba-tiba terjadi pengeluaran tak terduga.
Pilihlah rumah KPR dengan harga yang realistis sesuai kemampuan keuangan Anda. Buatlah perencanaan jangka panjang pendapatan Anda, agar proses pencicilan rumah Anda nantinya berjalan mulus. Siapkan pula dokumen seperti slip gaji untuk mengurus adminstrasi cicilan rumah KPR.