Marga Tirta Kencana

Manfaatkan Lahan Sempit dengan Ruang Keluarga Minimalis

Manfaatkan Lahan Sempit dengan Ruang Keluarga Minimalis

Kehadiran ruang keluarga di rumah merupakan hal yang sangat penting. Di ruang inilah para anggota keluarga banyak menghabiskan waktu dalam kebersamaan yang menjadi kunci kebahagiaan setiap keluarga. Berbicara mengenai ruang keluarga, kini tengah populer dengan desain ruang keluarga minimalis.
Hunian dengan ruang keluarga minimalis yang tengah menjadi tren ini, sebetulnya lebih mengedepankan konsep efisiensi dalam pemanfaatan ruang. Pada penerapannya, desain ruang keluarga minimalis justru mengutamakan penataan ruang dan perabot secara maksimal, dengan tanpa mengurangi nilai estetika di dalamnya. Ruang keluarga minimalis selalu menempatkan perabot yang tidak banyak, namun efisien.
Tahap awal untuk menerapkan desain minimlis pada ruang keluarga bisa dimulai dari bagian warna. Anda bisa menggunakan warna yang netral untuk dinding, lantai, dan langit-langit untuk memunculkan kesan senada. Contoh dengan menggunakan warna krim, abu-abu, atau putih dapat menjadi warna yang selaras bagi desain ruang keluarga minimalis. Anda juga bisa menggunakan elemen kayu agar membuat ruang keluarga minimalis terkesan lebih hangat dan natural. Gunakan lantai atau perabot berbahan kayu yang senada dengan warna ruangan.
Pilihlah furniture yang simple dan kuat untuk memaksimalkan tampilan ruang keluarga minimalis. Usahakan furniture memiliki warna yang senada dengan tembok atau lantai, agar penampilannya terlihat serasi. Hindari karpet, foto di dinding yang terlalu besar, atau hiasan dinding jika ruangannya sempit. Hal tersebut membuat ruangan terkesan sumpek dan sempit. Alangkah lebih baik, dinding dibuat polos tanpa hiasan agar memiliki kesan lapang.

Ruang Keluarga Minimalis

Dalam mendesain ruang keluarga minimalis, jangan lupakan unsur pencahayaan. Sediakan sumber pencahayaan yang alami, agar ruang keluarga menjadi semakin menarik dan sehat. Pasanglah jendela dengan ukuran yang cukup besar agar memberikan sirkulasi udara yang cukup ke dalam ruangan. Ruang keluarga minimalis yang tidak memiliki pencahayaan yang cukup membuat ruangan menjadi terkesan kaku dan dingin.
Kendala umum bagi hunian minimalis adalah lahan yang sempit. Kendala tersebut tentu berpengaruh kepada ruang keluarga. Untuk menyiasati tersebut, bisa dibuat ruang keluarga minimalis yang menyatu dengan ruang tamu. Buanglah sekat pemisah antar keduanya guna menyatukan ruang tersebut. Sebagai alternatif, bisa menggunakan sekat non-permanen atau sekat kaca untuk menimbulkan kesan ruangan keluarga minimalis yang luas.
Ruang keluarga juga bisa dibuat dengan memanfaatkan tiga ruang yang berbeda untuk ukuran rumah dengan lahan yang lebih sempit. Anda bisa membuang sekat antara ruang keluarga, dapur, dan ruang makan. Namun, tidak berarti semua sekat harus dibuang. Anda bisa meniadakan sekat pada ruang keluarga dan ruang makan, namun tetap berikan sekat semi-permanen untuk dapur. Anda bisa meletakkan meja tinggi model minibar dengan kursi-kursi yang bisa difungsikan sebagai sekat non-permanen. Dengan begitu, ruang keluarga tetap bisa diterapkan kendati lahan hunian yang tidak terlalu luas.

Ruang Keluarga Minimalis
Share This :