Marga Tirta Kencana

Mengakali Ruang Sempit Menjadi Ruang Tamu Minimalis

Mengakali Ruang Sempit Menjadi Ruang Tamu Minimalis

Ruang tamu adalah bagian rumah yang mencerminkan budaya masyarakat berlaku. Indonesia cenderung menganut Budaya Timur sehingga ruang tamu ialah ruang yang terpisah dari ruang tinggal utama. Berbeda dengan Budaya Barat, hampir jarang kita bisa menemukan ruang tamu. Hal ini mencerminkan bahwa kita yang berbudaya timur memang cenderung tertutup atau introvert .
Lalu bagaimana jika kita hanya memiliki lahan yang cenderung sempit, tetapi tetap ingin memiliki ruang tamu yang terpisah dari ruang utama? Di zaman yang sudah sangat maju ini, ruang tamu tak perlu luas. Kita bisa membuat ruang tamu minimalis yang tetap membuat tamu nyaman, tetapi juga tetap menjaga privasi penghuni rumah.
Ruang penerima, atau sebutlah ruang tamu minimalis, dapat menggunakan ruangan yang berukuran hanya 2X3 meter atau bahkan 2X2 meter. Ruang tamu minimalis ini memang sempit. Namun Anda tak perlu khawatir, ruang tamu minimalis bisa menjadi manis dan hangat dengan polesan interior yang tepat.
Jika anda menyukai suasana alam, Anda bisa memasang batu alam di salah satu bagian dinding di ruang tamu Anda. Pasanglah kursi tunggal beberapa buah dan satu buah meja kecil. Batu alam sangat cocok pula dengan tanaman. Gunakan tanaman dalam pot. Tambahan rak buku dan lukisan juga akan membuat ruang tamu minimalis Anda semakin menawan. Jangan lupakan unsur pencahayaan, baik cahaya lampu maupun cahaya matahari.

ruang tamu minimalis

Ruang tamu minimalis tak selamanya berornamen garis atau siku ala rumah minimalis modern. Anda juga bisa mengadopsi gaya klasik. Gunakan permadani lukis untuk menghiasi dinding dan tambahkan korden bermotif klasik. Ruang tamu minimalis bergaya klasik ini akan tampak anggun dengan dua buah sofa tunggal, satu meja kayu dan hiasan patung kecil bergaya klasik. Gunakan juga warna-warna gelap seperti cokelat tua dan warna kayu untuk ruang tamu minimalis ini. Tambahan lampu meja bergaya Eropa kuno juga akan membuat ruang tamu minimalis Anda terlihat elegan.

ruang tamu minimalis

Ruang tamu minimalis bergaya feminin nan dewasa juga merupakan pilihan untuk mengakali ruang sempit. Warna-warna lembut atau pastel, dapat membuat ruang tamu Anda terasa hangat. Pilih warna lembut seperti hijau alpukat atau kuning kecokelatan untuk menghiasi dinding Anda. Gunakan dua sofa tunggal berwarna lembut dan satu buah meja hias beserta lampunya. Jika Anda menyukai karya seni, pasanglah satu buah lukisan berukuran besar dan tiga buah lampu downlight untuk menyinari lukisan Anda.

ruang tamu minimalis


 Kalau Anda memiliki ruang yang sangat sempit, katakanlah hanya berukuran 1X2 meter atau kurang, maka Anda harus serius menggarap interior ruang tamu Anda. Gambar di bawah mungkin dapat dijadikan referensi dan inspirasi untuk ruang tamu Anda.

ruang tamu minimalis

Share This :